Tag

, , , ,

Kuliah nyari apa?

Nyari apa hayoo?

–         Nyari Gelar lah, biar bisa kerja enak.

–         Nyari cewe lah, kan cewenya cakep-cakep.

–         Sebenernya gue udah males belajar, Cuma karena dipaksa aja sama ortu gue.

–         Nyari botol (Ini becanda).

Banyak diantara kalian pasti nyangkut sama jawaban-jawaban diatas. Kuliah bro, kalo menurut anak-anak seusia gue (17-18) pasti keren, ya iyalah soalnya keliatan berkelas dan keren.

Tapi apa sih tujuan dari kalian yang mau kuliah ini?

“Nyari gelar bang, biar keren plus dapet kerja yang enak”

Nyari gelar aja gak cukup, kenapa? Gelar tanpa ilmu buat apa? Gak ada gunanya, tapi mungkin ijazah S1 nya bisa dijual ketukang koran hehe (Garing).

“Nyari cewe”

Kalo nyari cewe mah dimall atuuh mang, kalo kuliah sih tempatnya belajar (bagi yang pengen)

“Dipaksa sama orang tua”

Ini alesan klasik, kenapa? Ini udah taon 2014 dan umur lo udah bangkotan masa gak bisa nentuin pilihan hidup? Inget bro, kata abang gue (Curhat deh jadinya) “Kalo mau jadi yang lebih baik ya ubah diri sendiri.” Jangan takut ngomong kalo lo udah gak sanggup belajar dikampus. Kasian bathin lo nanti (ceilah bahasanya).

Oke kembali lagi ke topiknya. Kuliah tuh cari ILMU, inget cari ILMU. Kenapa? Coba kalian lihat diluar sana banyak gak sih yang udah jadi S1 masih nganggur, masih minta dari orang tua karena belum ada penghasilan sendiri. Sedangkan coba kalo kalian kuliah dengan cara yang baik dan benar (Cielah) kalo kalian lulus dan (misalkan) gak dapet kerja, kalian bisa aplikasiin ilmu kalian. Contoh:

Lulus dari Fakultas Teknik Komputer, belum kerja, kalian bisa bikin CV (perusahaan kecil-kecilan) tapi inget: Jangan pernah malu buat berkreasi!

Dan satu lagi, kalo kalian pengen kuliah ambill jurusan yang kalian suka, bukan karena prospek kerja. Contoh: Kalo kalian suka komputer ya ambil komputer, jangan ambil dokter. Itu sama aja kaya nyari tape ketan di Eropa. (Gak nyambung!!).

Dan satu lagi (ini serius 1 lagi aja) untuk kalian yang pengen kuliah tapi ada beberapa sebab yang ngehambat jangan takut, masih banyak jalan untuk menuju Roma kok, cari beasiswa dan kalo misalkan kalian kena DO (Drop out) alias ditendang karena soal ekonomi jangan takut jangan minder, yang penting terus berkarya. Toh Alm Steve Jobs aja diDO disemester 2 tapi dia gak nyerah dan sekarang dia jadi orang yang dikenal karena karyanya. Dan inget nyari ilmu itu gak harus dengan kuliah 🙂

Udah deh segitu aja dari gue, toh gue bukan siapa-siapa, gue cuma ngasih pendapat digubug kecil gue ini, gue juga terkadang suka males-malesan kok, see ya 🙂

Hiduplah dengan Ilmu, maka kamu akan dihormati

Iklan